PENERAPAN PAKEM DI SD FRANSISKUS

  1. 1.Faktor yang mempengaruhi keberhasilan PAKEM
  2. 2.Hambatan dan solusi
  3. 3.Peran Kepala Sekolah, Yayasan,Pengawas Sekolah dan Dinas Pendidikan
  4. 4.Peran Komite, Orang Tua siswa dan Paguyuban Kelas
  5. 5.Respon siswa terhadap PAKEM

 












FAKTOR-FAKTOR
YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN PAKEM
  • Kesiapan Guru : Pemetaan Kurikulum, Silabus, Skenario pembelajaran, alat peraga, LKS, alat evaluasi.
  • Sarana Prasarana penunjang PAKEM  
  • Dukungan Warga Sekolah : Kepala Sekolah, Rekan Kerja, Komite Sekolah, Paguyuban Kelas dan siswa.
 
HAMBATAN 
  • Puas diri dan enggan untuk berinovasi
  • Bangga dengan masa lalu
  • Anggapan bahwa PAKEM itu sulit dilaksanakan
  • Sarana belum tersedia
  • Siswa belum terbiasa
  • Pandangan Orang Tua tentang PAKEM
SOLUSI 
  • Menyadari tuntutan zaman
  • Melatih diri untuk berinovasi
  • Mengajar dengan hati
  • Mengajar dengan menggunakan metode kooperatif
  • Melatih siswa untuk bekerjasama dengan hati
  • Menggunakan sarana apa adanya
  • Memberi gambaran tentang PAKEM kepada orang tua Melibatkan Orang tua/Paguyuban kelas dalam pembelajaran di kelas 



TATA RUANG KELAS SETELAH PAKEM
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
  
  • SUSUNAN TEMPAT DUDUK
  • SUDUT PASAR
  • SUDUT BACA  PEMAJANGAN
  
PERAN YAYASAN, KEPALA SEKOLAH, PENGAWAS SEKOLAH & DINAS PENDIDIKAN
  • Mendukung terlaksananya PAKEM
  • Memberikan dorongan semangat untuk maju, berkreasi dan berinovasi
  • Membimbing dan mengarahkan Membantu meningkatkan mutu Guru dengan pelatihan-pelatihan
 
PERAN KOMITE, ORTU SISWA, & PAGUYUBAN KELAS
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
      
  • Komite membantu sekolah dalam memberi gambaran tentang PAKEM kepada ortu siswa
  • Komite membantu terbentuknya  Paguyuban Kelas
  • Kunjungan Paguyuban kelas dalam pembelajaran di kelas Orang tua mendukung kegiatan Belajar Mengajar

  
TANGGAPAN SISWA TENTANG PAKEM 
  • Siswa merasa senang dapat belajar di luar dan di dalam kelas
  • Siswa antusias dalam belajar
  • Siswa merasa, belajar tidak membosankan
  • Siswa dapat berkreasi
  • Siswa dapat melatih diri untuk bersosialisasi
  • Adanya kedekatan antara guru dan siswa
  • Menurut mereka tidak ada lagi cap “GURU GALAK”

MEMBUAT  PAJANGAN 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
  • Langkah – langkah pembuatan
  • Tujuan pemajangan
  • Respon siswa
  • Lama pemajangan

PEMAJANGAN HASIL KARYA SISWA 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
  • Digantung
  • Ditempel di tembok

 
BELAJAR MENGENAL LINGKUNGAN 
  • Lingkungan pasar
  • Puskesmas
  • Kantor pemerintahan setempat
  • ( Kecamatan, Polsek, Koramil)
  • Pemakaman umum
  • Tempat ibadah Lokasi pertanian (sawah, perkebunan, perikanan)

SUASANA KELAS PAKEM

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
BELAJAR BERSAMA ORANG TUA SISWA (PAGUYUBAN KELAS)
SAAT PARA GURU PELATIHAN


 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
TERIMA KASIH
 SD FRANSISKUS KALIREJO LAMPUNG TENGAH
 

Komentar

  1. sy adalah Alumni SMP Xaverius kalirejo th 1976, guru-guru sy dl P suwandi, P Marjan, P Karim dll, disaat belakangan ini ada kerinduan ingin melihat sekolahku dulu, adakah diantara bpk/ibu yg dpt sy hubungi utk sekedar sharing, seperti mslnya masih adakah SMP Xaverius tsb, bgmn dg kondisi guru-guru tsb diatas, bgmn kondisi-kondisi teman sekolah dl, adakah acara reuni sehingga dpt kumpul2 lg dlsb. alamat sy dayai2104@gmail.com bsr harapan sy persaudaraan ini dpt terjalin kmbli....hormat sy Iskandar Zulkarnain

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL GURU DAN KARYAWAN